Minggu, 14 April 2013

Mengulas #demokrasi


Posted by hafidzary on January 26, 2013
  1. #demokrasi barat – tanpa menafikan kelebihannya- punya kelemahan. Tdk punya nilai yg mengontrol jalannya
  2. Atas nama wakil rakyat, #demokrasi barat bs menghapuskan kemuliaan, melegalisir kezaliman, mhalalkan yg haram , mengharamkan yg halal
  3. #demokrasi barat memboleh miras u diminum, diproduksi, diperdagangkan, walaupun trbukti miras mengakibatkan byk kerusakan
  4. #demokrasi barat membolehkan perkawinan sejenis
  5. #demokrasi barat bs terlepas dari segala sesuatu , bahkan dari#demokrasi itu sendiri . Contoh menolak mengakui pemerintahan HAMAS
  6. #demokrasi barat kemudian men veto seluruh rancangan resolusi PBB thdp israel
  7. #demokrasi yg katanya dari rakyat untuk rakyat , ternyata dari sekolompok kecil rakyat untuk sekelompok kecil rakyat
  8. Para wakil rakyat yang buah demokrasi pun , ternyata cuma wakil dari segelintir rakyat yg mengatur mrk
  9. #demokrasi barat mengizinkan orang yg tdk punya kapasitas , terpilih mewakili rakyat atas penguasaan media dan publisitas
  10. #Demokrasi barat akhirnya bisa lebih sadis dari diktator , krn demokrasi tdk mempunyai batas atas apa yg boleh dan tdk boleh dilakukan
  11. Sangat berbeda dg islam, kebebasan manusia ini dibatasi oleh syariat
  12. #demokrasi pancasila yg digemborkan suharto menghasilkan sebuah rezim dg kekuasaan tak terbatas
  13. #demokrasi di mesir juga melahirkan diktator ala husni mubarok . | demokrasi akhirnya didefinisikan oleh rakyat yg dikendalikan segelintir
  14. asal mayoritas setuju, kebebasan apapun mendapatkan legalitasnya. Termasuk kebebasan untuk bersifat otoriter
  15. #Demokrasi bisa memutuskan untuk lepas dari nilai demokrasi itu sendiri.
  16. Namun ada bbrp kesamaan antara prinsip2 #demokrasi dg prinsip2 islam
  17. Islam serupa dg #demokrasi dalam hal rakyat harus memilih kepala negara. Rakyat tdk boleh dipaksa untuk menerima pemimpin yg memimpin mrk
  18. Islam serupa dg demokrasi dlm tanggung jawab kepala negara di hadapan wakil rakyat. Wakil rakyat berhak memecat kepala negara yg menyimpang
  19. Bahkan islam memberikan hak kpd setiap individu untuk mengoreksi pemimpinnya.
  20. Islam bersamaan dg demokrasi dalam hal bahwa rakyat atau perwakilan rakyat memilih org yg akan memerintah dan menata persoalan2 mrk
  21. Demokrasi memberikan hak rakyat untuk memilih pemimpin yg mereka cintai, mengoreksi penguasa jk salah, diberi hak untuk menggantinya
  22. Demokrasi memberikan hak kpd rakyat untuk memilih sistem ekonomi, hukum, politik yg mereka sukai. Tdk boleh dipaksa, apalagi dibunuh
  23. Apakah demokrasi yg memberi hak rakyat untuk memilih pemimpin yg ia cintai, hak mengoreksi dst td bertentangan dg islam?
  24. Mekanisme memilih pemimpin yg dicintai ini bisa dg pemilu langsung, perwakilan rakyat dst
  25. “Ada 3 tipe org yg shalatnya tdk naik dr atas kepalanya walau sejengkal” yg pertama: “org yg mengimami suatu kaum sdh dia dibenci kaum itu”
  26. Td hadits diriwayatkan ibnu majah , dari ibnu abbas
  27. “Imam atau pemimpin kalian yg terbaik dalah org yg kalian cintai dan mrk juga mencintai kalian. Kalian doakan mrk, mrk mendoakan kalian”
  28. “Imam atau pemimpin kalian yg terburuk adalah org yg kalian benci dan mrk benci kalian. Kalian mencela mrk, mrk mencela kalian” HR Muslim
  29. Prinsip bahwa pemimpin yg terpilih adalah pemimpin yg dicintai oleh rakyatnya sejalan antara islam dan demokrasi
  30. memilih pemimpin yg dicintai ini, mekanisme teknis bs dg cara apa saja. Salah satunya pemilu
  31. Demokrasi mempersempit ruang terjadinya diktator . Sesuatu yg dibenci oleh alquran. Islam mengecam para diktator
  32. Islam mengecam diktator macam firaun yg berkata : “ana robbukumul ‘alaa” “akulah tuhanmu yg paling tinggi” an naziat:24
  33. Demokrasi mempersempit ruang untuk berkata seperti firaun: “hai pembesar kaumku, aku tdk mengetahui tuhan bagimu selain aku” al qashash:38
  34. “Sesungguhnya Firaun telah berbuat sewenang2 di muka bumi dan menjadikan penduduknya berpecah belah dg menindas segolongan dr mrk ..”
  35. Alqashash : 4
  36. Islam memiliki hakikat yg sama dg demokrasi dlm hal ini, menolak pemimpin diktator yg tdk dicintai rakyatnya
  37. Salah satu yang menghadang islam untuk bangkit adalah pemimpin2 diktator di dunia Islam.
  38. Sebutlah saddam husein, muammar qadzafi, suharto, husni mubarok, ben ali , bashar assad dll
  39. Penolakan terhadap kesewenangan , kediktatoran, ketiadaan hak rakyat untuk mengkoreksi, memilih pemimpin yg dicintai ini yg sejalan dg islam
  40. Islam menentang keangkuhan penguasa , kesewenangan , dan dampak kerusakan yg terjadi
  41. Islam juga menentang rakyat yg diam thdp kezaliman penguasa yg sewenang wenang
  42. “Maka firaun mempengaruji kaumnya, lalu mrk patuh kpdnya. Krn sesungguhnya mrk adalah kaum yg fasik” az – zukhruf:54
  43. ” Dan itu kisah kaum “Ad yg mengingkari tanda2 kekuasaan Tuhan mrk, dan mndurhakai rasul Allah dan menuruti perintah semua penguasa yg ..”
  44. ” … Yg sewenang2 lg menentang kebenaran” Hud : 59
  45. “Para pemimpin setelah sy nanti akan mengatakan sesuatu dan tdk ada org yg membantahnya. Mrk saling berlompatan ke dlm neraka, seperti ..”
  46. “… Berlompatannya kera” diriwayatkan Thabrani, dlm shahih al jami’ ash shaghiir *dikutip dr fiqh daulah
  47. krn ruang2 kesamaan islam dan demokrasi ini dan peluang meminimalisir dampak kerusakan akibat demokrasi yg difahami barat inilah maka …
  48. .. terlibat dalam demokrasi menjadi sangat penting
  49. demokrasi sampai saat ini adalah cara yg efektif untuk mencegah kediktatoran , meskipun kita sadar betul kelemahan demokrasi yg barat fahami
  50. karena sistem buatan manusia , pasti tdk sempurna. namun sistem ini mewujud sbg realita di depan mata. sesuatu yg tdk dihadapi ..
  51. .. tdk dihadapi rasulullah saat beliau hijrah ke madinah. | beliau tdk hijrah ke negara dg sistem lengkap ala romawi
  52. syariat tdk menghalangi muslim untuk memanfaatkan gagasan teoritis maupun praktis dari non muslim
  53. ada teknologi parit dari persia yg digunakan rasulullah saat perang khandaq
  54. rasululullah memanfaatkan tawanan badar yg musurik untuk mengajarkan baca tulis kepada anak2 muslim
  55. karena itu, tdk ada salahnya mengadopsi sesuatu yg bukan datang dari islam tp cocok dg berbagai perubahan dan penyesuaian
  56. dan kita menolak mengadopsi semangat demokrasi yg memungkinkan menghalalkan yang haram
  57. muslim wajib ikut serta dalam memilih pemimpin yang ia cintai, dicintai Allah. apapun mekanisme teknisnya
  58. menurut yusuf qardhawi , pemilu adalah salah satu teknis “persaksian” . semisal yg disebut di att thalaq:2 , al baqarah:282
  59. kira2 gini: “hei sini, skrg kita mau pilih pemimpin , kamu bersaksi ya, kasih keterangan siapa pemimpin yg menurutmu baik! “
  60. pemilu adalah salah satu mekanisme memberikan kesaksian
  61. “dan persaksikanlah dg dua org saksi yg adil di antara kamu” ath thalaq:2
  62. siapa yg meberikan kesaksian kpd seorang calon pd pemilu bahwa dia baik dan kayak dipilih jd pemimpin, hy krn nepotisme atau kepentingan ..
  63. .. pribadi atau duniawi maka dia melanggar aturan persaksian harus karena Allah
  64. ” .. dan tegakkan persaksian itu karena Allah” ath thalaq:2
  65. dalil diharuskannya pemilu adalah bahwa proses meminta persaksian untuk memilih pemimpin mana yg layak dipilih
  66. maka , siapa yg tdk memberikan suaranya dlm pemilu, shingga calon yg layak dan juku kalah, kemudian org yg tdk berkompeten dan tdk …
  67. … memenuhi syarat itu menang sg mayoritas, maka dia telah melanggar perintah Allah u memberikan kesaksian
  68. menurut syaikh yusuf qardhawi, org sperti ini trmasuk yg dikatakan alquran sbg menyembunyikan kesaksiat yg dibutuhkan umat
  69. “janganlah saksi2 itu enggan (memberi keterangan) apabila mrk dipanggil” albaqarah:282
  70. “dan jgnlah kamu (para saksi) menyembunyikan persaksian. dan barangsiapa yg menyembunyikannya, maka sungguh ia org yg berdosa hatinya”2:283
  71. jadi kita bisa memanfaatkan demokrasi ini dalam pengarahan islam, meski pada mulanya berawal dr sistem lain
  72. pendapat bahwa demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat u rakyat sehingga bertentangan dg “kekuasaan hanya di tangan Allah” , tdklah benar
  73. prinsip kekuasaan rakyat yg merupakan pondasi demokrasi, tdk btentangan dg prinsip kekuasan milik Allah yg merupakan pondasi legislasi islam
  74. bukanlah suatu keharusan bagi para pendukung demokrasi untuk menolak kekuasaan Allah atas manusia
  75. seorang muslim mendukung mekanisme #demokrasi hy krn dia menganggapnya sbg suatu mekanisme kekuasaan yg dpt mewujudkan prinsip politik islam
  76. prinsip politik islam ini terkait memilih pemimpin , hak menasehati penguasa dalam amar makruf nahi mungkar, dlm melawan kezaliman dst
  77. pendukung #demokrasi tdk harus menganggap kekuasaan rakyat sebagai ganti kekuasaan Allah
  78. #demokrasi adalah kebebasan rakyat memilih pemimpin, mengoreksi tindakannya, mrk boleh menolak perintah penguasa bila brtentangan dg UU
  79. dalam terminologi islam, rakyat boleh menolak perintah pemimpin bila pemimpin menyuruh melakukan maksiat dan rakyat berhak memecatnya
  80. itu skedar jargon saja , gak usah dipertentangkan antara prinsip kekuasaan rakyat dan kekuasaan tuhan
  81. kita bisa mendefinisikan demokrasi kita sendiri, kebaikannya kita gunakan , keburukannya kita hilangkan atau minomal dikurangi
  82. apakah pinsip suara mayoritas itu bertentangan dengan islam? jelas tdk
  83. “kalau kalian berdua sdh bertemu dan musyawarah, maka sy tdk akan menentang kalian” perkataan rasulullah kpd abu bakar dan umar #mayoritas
  84. rasulullah mundur dari pendapatnya dan mengikuti pendapat mayoritas dalam perang uhud
  85. sistem pendapat mayoritas juga diterapkan umar ra thdp 6 org anggota formatur yg dipercaya memilih pejabat khalifah
  86. ke 6 formatur ini memilih salah seorang dari mereka untuk menjadi khalifah dg sistem suara mayoritas.
  87. bila 3 lawan 3 , maka mereka memilih satu prg dari luar tim formatur untuk mendukun salah satu pihak. orang ini adalah ibnu umar
  88. jk mereka tdk bisa menerima, maka pihak yg ada abdurrahman bin auf nya yang menang
  89. demokrasi yang kita fahami berbeda dg demokrasi yg barat fahami. barat tdk punya nilai sebagai batas. kita tdk membahas hal yg sdh mutlak
  90. kita tdk menerima diskusi untuk menentukan apakah non muslim itu kafir atau bukan.
  91. demokrasi yg kami fahami tdk berdiskusi apakah menyembah patung sapi ala pengikut musa itu benar atau tdk
  92. modifikasi demokrasi gmn krn dasarny rusak? | kebaikan prinsip2 dan teknis dari demokrasi diambil dan yang buruk kita buang. sederhana?
  93. demokrasi membebaskan kehendak tanpa batas nilai | bebas dan tdk otoriternya kita ambil, tanpa batas nilainya diubah, kita beri batasnya
  94. demokrasi memang bukan dari islam, dan kita mengerti betul kekurangan … dan kebaikannya . | yg baik diambil, yg kurang diperbaiki
  95. demokrasi adalah suara rakyat atau perwakilan rakyat | islam suara tuhan ~ mari kita buat suara rakyat / perwakilannya sama dg suara tuhan
  96. apa harus mengikuti strategi “parit” ala persia saat perang khandaq? ya gak harus . tergantung kondisi saja
  97. saat ini demokrasi , akibat globalisasi jadi protokol komunikasi yg disepakati dalam politik
  98. demokrasi kita modifikasi mirip wayang yg dimodifikasi wali songo
  99. so, tinggal masalah mayoritas ini menentukan apa kan? bukan mayoritas dan tdk mayoritas? 
dari http://hafidzary.wordpress.com/2013/01/26/mengulas-demokrasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar