Posted by hafidzary on January 26, 2013
#demokrasi barat – tanpa menafikan kelebihannya- punya kelemahan. Tdk punya nilai yg mengontrol jalannya- Atas
nama wakil rakyat,
#demokrasi barat bs menghapuskan kemuliaan, melegalisir kezaliman, mhalalkan yg haram , mengharamkan yg halal #demokrasi barat memboleh miras u diminum, diproduksi, diperdagangkan, walaupun trbukti miras mengakibatkan byk kerusakan#demokrasi barat membolehkan perkawinan sejenis#demokrasi barat bs terlepas dari segala sesuatu , bahkan dari#demokrasi itu sendiri . Contoh menolak mengakui pemerintahan HAMAS#demokrasi barat kemudian men veto seluruh rancangan resolusi PBB thdp israel#demokrasi yg katanya dari rakyat untuk rakyat , ternyata dari sekolompok kecil rakyat untuk sekelompok kecil rakyat- Para
wakil rakyat yang buah demokrasi pun , ternyata cuma wakil dari segelintir
rakyat yg mengatur mrk
#demokrasi barat mengizinkan orang yg tdk punya kapasitas , terpilih mewakili rakyat atas penguasaan media dan publisitas#Demokrasi barat akhirnya bisa lebih sadis dari diktator , krn demokrasi tdk mempunyai batas atas apa yg boleh dan tdk boleh dilakukan- Sangat
berbeda dg islam, kebebasan manusia ini dibatasi oleh syariat
#demokrasi pancasila yg digemborkan suharto menghasilkan sebuah rezim dg kekuasaan tak terbatas#demokrasi di mesir juga melahirkan diktator ala husni mubarok . | demokrasi akhirnya didefinisikan oleh rakyat yg dikendalikan segelintir- asal
mayoritas setuju, kebebasan apapun mendapatkan legalitasnya. Termasuk
kebebasan untuk bersifat otoriter
#Demokrasi bisa memutuskan untuk lepas dari nilai demokrasi itu sendiri.- Namun
ada bbrp kesamaan antara prinsip2
#demokrasi dg prinsip2 islam - Islam
serupa dg
#demokrasi dalam hal rakyat harus memilih kepala negara. Rakyat tdk boleh dipaksa untuk menerima pemimpin yg memimpin mrk - Islam
serupa dg demokrasi dlm tanggung jawab kepala negara di hadapan wakil
rakyat. Wakil rakyat berhak memecat kepala negara yg menyimpang
- Bahkan
islam memberikan hak kpd setiap individu untuk mengoreksi pemimpinnya.
- Islam
bersamaan dg demokrasi dalam hal bahwa rakyat atau perwakilan rakyat
memilih org yg akan memerintah dan menata persoalan2 mrk
- Demokrasi
memberikan hak rakyat untuk memilih pemimpin yg mereka cintai, mengoreksi
penguasa jk salah, diberi hak untuk menggantinya
- Demokrasi
memberikan hak kpd rakyat untuk memilih sistem ekonomi, hukum, politik yg
mereka sukai. Tdk boleh dipaksa, apalagi dibunuh
- Apakah
demokrasi yg memberi hak rakyat untuk memilih pemimpin yg ia cintai, hak
mengoreksi dst td bertentangan dg islam?
- Mekanisme
memilih pemimpin yg dicintai ini bisa dg pemilu langsung, perwakilan
rakyat dst
- “Ada
3 tipe org yg shalatnya tdk naik dr atas kepalanya walau sejengkal” yg
pertama: “org yg mengimami suatu kaum sdh dia dibenci kaum itu”
- Td
hadits diriwayatkan ibnu majah , dari ibnu abbas
- “Imam
atau pemimpin kalian yg terbaik dalah org yg kalian cintai dan mrk juga
mencintai kalian. Kalian doakan mrk, mrk mendoakan kalian”
- “Imam
atau pemimpin kalian yg terburuk adalah org yg kalian benci dan mrk benci
kalian. Kalian mencela mrk, mrk mencela kalian” HR Muslim
- Prinsip
bahwa pemimpin yg terpilih adalah pemimpin yg dicintai oleh rakyatnya sejalan
antara islam dan demokrasi
- memilih
pemimpin yg dicintai ini, mekanisme teknis bs dg cara apa saja. Salah
satunya pemilu
- Demokrasi
mempersempit ruang terjadinya diktator . Sesuatu yg dibenci oleh alquran.
Islam mengecam para diktator
- Islam
mengecam diktator macam firaun yg berkata : “ana robbukumul ‘alaa” “akulah
tuhanmu yg paling tinggi” an naziat:24
- Demokrasi
mempersempit ruang untuk berkata seperti firaun: “hai pembesar kaumku, aku
tdk mengetahui tuhan bagimu selain aku” al qashash:38
- “Sesungguhnya
Firaun telah berbuat sewenang2 di muka bumi dan menjadikan penduduknya
berpecah belah dg menindas segolongan dr mrk ..”
- Alqashash
: 4
- Islam
memiliki hakikat yg sama dg demokrasi dlm hal ini, menolak pemimpin
diktator yg tdk dicintai rakyatnya
- Salah
satu yang menghadang islam untuk bangkit adalah pemimpin2 diktator di
dunia Islam.
- Sebutlah
saddam husein, muammar qadzafi, suharto, husni mubarok, ben ali , bashar
assad dll
- Penolakan
terhadap kesewenangan , kediktatoran, ketiadaan hak rakyat untuk
mengkoreksi, memilih pemimpin yg dicintai ini yg sejalan dg islam
- Islam
menentang keangkuhan penguasa , kesewenangan , dan dampak kerusakan yg
terjadi
- Islam
juga menentang rakyat yg diam thdp kezaliman penguasa yg sewenang wenang
- “Maka
firaun mempengaruji kaumnya, lalu mrk patuh kpdnya. Krn sesungguhnya mrk
adalah kaum yg fasik” az – zukhruf:54
- ”
Dan itu kisah kaum “Ad yg mengingkari tanda2 kekuasaan Tuhan mrk, dan
mndurhakai rasul Allah dan menuruti perintah semua penguasa yg ..”
- ”
… Yg sewenang2 lg menentang kebenaran” Hud : 59
- “Para
pemimpin setelah sy nanti akan mengatakan sesuatu dan tdk ada org yg
membantahnya. Mrk saling berlompatan ke dlm neraka, seperti ..”
- “…
Berlompatannya kera” diriwayatkan Thabrani, dlm shahih al jami’ ash
shaghiir *dikutip dr fiqh daulah
- krn
ruang2 kesamaan islam dan demokrasi ini dan peluang meminimalisir dampak
kerusakan akibat demokrasi yg difahami barat inilah maka …
- ..
terlibat dalam demokrasi menjadi sangat penting
- demokrasi
sampai saat ini adalah cara yg efektif untuk mencegah kediktatoran ,
meskipun kita sadar betul kelemahan demokrasi yg barat fahami
- karena
sistem buatan manusia , pasti tdk sempurna. namun sistem ini mewujud sbg
realita di depan mata. sesuatu yg tdk dihadapi ..
- ..
tdk dihadapi rasulullah saat beliau hijrah ke madinah. | beliau tdk hijrah
ke negara dg sistem lengkap ala romawi
- syariat
tdk menghalangi muslim untuk memanfaatkan gagasan teoritis maupun praktis
dari non muslim
- ada
teknologi parit dari persia yg digunakan rasulullah saat perang khandaq
- rasululullah
memanfaatkan tawanan badar yg musurik untuk mengajarkan baca tulis kepada
anak2 muslim
- karena
itu, tdk ada salahnya mengadopsi sesuatu yg bukan datang dari islam tp
cocok dg berbagai perubahan dan penyesuaian
- dan
kita menolak mengadopsi semangat demokrasi yg memungkinkan menghalalkan
yang haram
- muslim
wajib ikut serta dalam memilih pemimpin yang ia cintai, dicintai Allah.
apapun mekanisme teknisnya
- menurut
yusuf qardhawi , pemilu adalah salah satu teknis “persaksian” . semisal yg
disebut di att thalaq:2 , al baqarah:282
- kira2
gini: “hei sini, skrg kita mau pilih pemimpin , kamu bersaksi ya, kasih
keterangan siapa pemimpin yg menurutmu baik! “
- pemilu
adalah salah satu mekanisme memberikan kesaksian
- “dan
persaksikanlah dg dua org saksi yg adil di antara kamu” ath thalaq:2
- siapa
yg meberikan kesaksian kpd seorang calon pd pemilu bahwa dia baik dan
kayak dipilih jd pemimpin, hy krn nepotisme atau kepentingan ..
- ..
pribadi atau duniawi maka dia melanggar aturan persaksian harus karena
Allah
- ”
.. dan tegakkan persaksian itu karena Allah” ath thalaq:2
- dalil
diharuskannya pemilu adalah bahwa proses meminta persaksian untuk memilih
pemimpin mana yg layak dipilih
- maka
, siapa yg tdk memberikan suaranya dlm pemilu, shingga calon yg layak dan
juku kalah, kemudian org yg tdk berkompeten dan tdk …
- …
memenuhi syarat itu menang sg mayoritas, maka dia telah melanggar perintah
Allah u memberikan kesaksian
- menurut
syaikh yusuf qardhawi, org sperti ini trmasuk yg dikatakan alquran sbg
menyembunyikan kesaksiat yg dibutuhkan umat
- “janganlah
saksi2 itu enggan (memberi keterangan) apabila mrk dipanggil”
albaqarah:282
- “dan
jgnlah kamu (para saksi) menyembunyikan persaksian. dan barangsiapa yg
menyembunyikannya, maka sungguh ia org yg berdosa hatinya”2:283
- jadi
kita bisa memanfaatkan demokrasi ini dalam pengarahan islam, meski pada
mulanya berawal dr sistem lain
- pendapat
bahwa demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat u rakyat sehingga
bertentangan dg “kekuasaan hanya di tangan Allah” , tdklah benar
- prinsip
kekuasaan rakyat yg merupakan pondasi demokrasi, tdk btentangan dg prinsip
kekuasan milik Allah yg merupakan pondasi legislasi islam
- bukanlah
suatu keharusan bagi para pendukung demokrasi untuk menolak kekuasaan
Allah atas manusia
- seorang
muslim mendukung mekanisme
#demokrasi hy krn dia menganggapnya sbg suatu mekanisme kekuasaan yg dpt mewujudkan prinsip politik islam - prinsip
politik islam ini terkait memilih pemimpin , hak menasehati penguasa dalam
amar makruf nahi mungkar, dlm melawan kezaliman dst
- pendukung
#demokrasi tdk harus menganggap kekuasaan rakyat sebagai ganti kekuasaan Allah #demokrasi adalah kebebasan rakyat memilih pemimpin, mengoreksi tindakannya, mrk boleh menolak perintah penguasa bila brtentangan dg UU- dalam
terminologi islam, rakyat boleh menolak perintah pemimpin bila pemimpin
menyuruh melakukan maksiat dan rakyat berhak memecatnya
- itu
skedar jargon saja , gak usah dipertentangkan antara prinsip kekuasaan
rakyat dan kekuasaan tuhan
- kita
bisa mendefinisikan demokrasi kita sendiri, kebaikannya kita gunakan ,
keburukannya kita hilangkan atau minomal dikurangi
- apakah
pinsip suara mayoritas itu bertentangan dengan islam? jelas tdk
- “kalau
kalian berdua sdh bertemu dan musyawarah, maka sy tdk akan menentang
kalian” perkataan rasulullah kpd abu bakar dan umar
#mayoritas - rasulullah
mundur dari pendapatnya dan mengikuti pendapat mayoritas dalam perang uhud
- sistem
pendapat mayoritas juga diterapkan umar ra thdp 6 org anggota formatur yg
dipercaya memilih pejabat khalifah
- ke
6 formatur ini memilih salah seorang dari mereka untuk menjadi khalifah dg
sistem suara mayoritas.
- bila
3 lawan 3 , maka mereka memilih satu prg dari luar tim formatur untuk
mendukun salah satu pihak. orang ini adalah ibnu umar
- jk
mereka tdk bisa menerima, maka pihak yg ada abdurrahman bin auf nya yang
menang
- demokrasi
yang kita fahami berbeda dg demokrasi yg barat fahami. barat tdk punya
nilai sebagai batas. kita tdk membahas hal yg sdh mutlak
- kita
tdk menerima diskusi untuk menentukan apakah non muslim itu kafir atau
bukan.
- demokrasi
yg kami fahami tdk berdiskusi apakah menyembah patung sapi ala pengikut
musa itu benar atau tdk
- modifikasi
demokrasi gmn krn dasarny rusak? | kebaikan prinsip2 dan teknis dari
demokrasi diambil dan yang buruk kita buang. sederhana?
- demokrasi
membebaskan kehendak tanpa batas nilai | bebas dan tdk otoriternya kita
ambil, tanpa batas nilainya diubah, kita beri batasnya
- demokrasi
memang bukan dari islam, dan kita mengerti betul kekurangan … dan
kebaikannya . | yg baik diambil, yg kurang diperbaiki
- demokrasi
adalah suara rakyat atau perwakilan rakyat | islam suara tuhan ~ mari kita
buat suara rakyat / perwakilannya sama dg suara tuhan
- apa
harus mengikuti strategi “parit” ala persia saat perang khandaq? ya gak harus
. tergantung kondisi saja
- saat
ini demokrasi , akibat globalisasi jadi protokol komunikasi yg disepakati
dalam politik
- demokrasi
kita modifikasi mirip wayang yg dimodifikasi wali songo
- so,
tinggal masalah mayoritas ini menentukan apa kan? bukan mayoritas dan tdk
mayoritas?
dari http://hafidzary.wordpress.com/2013/01/26/mengulas-demokrasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar